PAGE

Selasa, 12 Mei 2015

TAMAN NASIONAL BALURAN Africa Van Java, Banyuwangi JAWA TIMUR



TAMAN NASIONAL BALURAN
Africa Van Java

Taman Nasional Baluran atau sering di sama-samakan dengan Africa, yah sering di samakan dengan africa karena padang savana nya dan hewan liar yang hidup di sana. Taman Nasional Baluran terletak di ujung Timur kota Banyuwangi, tempat ini sebagian besar terdiri dari savana yang terbuka. Di sini kita dapat melihat satwa liar secara langsung seperti kerbau jawa yang sering disebut “banteng” , kancil, kijang, burung merak, jumlah hewan yang ada yaitu mencapai 26 species hewan yang ada seperti Banteng(Bos Javanicus Javanicus), Kerbau liar(Bubalus bubalis), rusa, kancil, macan tutul, ular cobra putih,dll. Tidak hanya hewan yang terdapat di tempat ini, di sini juga terdapat 444 jenis pohon, beberapa yang unik untuk daerah seperti widoro bukol (Ziziphus rotundifoia), mimba (Azadirachta indica), dan plang (Acacia leucophloea) tanaman ini mampu beradaptasi dengan lingkungan yang kering. Tidak cuman itu di sini juga terdapat 155 jenis burung seperti layang-layang api langka, unggas hutan merah, kangkareng, burung enggang, tuwuk atau tuwur asia, burung merak, bangau dan lain sebagainya.
Ketika anda mengunjungi Baluran selama musim hujan, anda akan menemukan kubangan air yang cukup besar, dan biasanya para banteng dan hewan lain akan keluar dan minum di kubangan tersebut. Namun akhir-akhir ini banteng lebih sering mengembara di hutan dari pada muncul di padang savana. Tapi jangan khawatir jika kita berkunjung di tempat ini kita masih bisa menyaksikan kawanan kijang dan kancil mengembara di padang savana, tidak cuman itu di dekat cotage sabana bekol dan bama beach terdapat banyak sekali kera-kera liar, juga di evergreen anda akan di sambut oleh burung merak dan ayam hutan.
Perjalanan saya ke Baluran pada waktu itu saya mulai dari Kota Banyuwangi setelah turun dari Gunung Ijen, tepatnya pada hari Senin tanggal  15 Desember 2014. Untuk menghemat biaya kita menggunakan angkutan umum, alias kita carter angkot. Satu Angkot PP/Rp.400.000,- sudah termasuk keliling Baluran dan keliling kota Banyuwangi. Biaya masuk Taman Nasional Rp.5000,00/orang.
Kami semua sangatlah antusias untuk datang ke tempat ini, maklum baru pertama kali. Sesudah membayar retribusi masuk kita langsung memasuki Taman Nasional Baluran, pertama kita masuk Evergreen. Yah sesuai namanya kanan kiri kita pohon hijau yang indah, sepanjang jalan kita di suguhi pemandangan yang sangat indah tak cuman itu baru memasuki kawasan Evergreen kita disambut oleh seekor burung merak cantik yang melintas dari kejauhan
.
1.1 Memasuki Evergreen

Setelah 1 jam perjalanan melewati Evergreen sampailah kita ke padang savana Bekol. Padang savana terbuka yang sangat luas dengan pemandangan rumput gersang, jauh dari kata hijau. Di sini sesekali akan melintas burung seperti burung berwarna biru dan burung elang. Di Bekol kita bisa menginap karena di sediakan cotage atau wisma untuk menginap, di sini juga terdapat sumber informasi, juga terdapat gardu pandang untuk melihat satwa liar.

1.2 Sampai di Savana Bekol

1.3  Foto bersama kakak tercinta di savana bekol

1.4 Gapura Selamat datang Bekol


1.5 Gazebo sebelum menuju gardu pandang


1.6 Di atas Gardu Pandang


1.7 Gardu Pandang

Setelah dari gardu pandang kita lanjutkan perjalanan ke pantai bama atau Bama Beach, di pantai Bama kita tidak hanya memandang keindahan pantai di Baluran ini. Di pantai Bama kita bisa snockling dengan tarif murah tapi pemandangan pantai yang cukup bagus. Untuk melakukan Snockling kita harus menyewa kapal untuk menuju spot snokling, disini juga di sediakan peralatan snockling dengan biaya murah dari Rp 10.000 – Rp 30.000,- saja untuk sewa peraltan. Sebelum ke Bama Beach saya ingin liat kumpulan kancil dan kijang lebih dekat, karena melihat satwa dari gardu pandang saja kurang greget buat saya. Akhirnya kita melihat sekumpulan kancil dan kidang di savana bekol.

1.8 Foto di depan sisa kerangka banteng



1.9 Foto Bersama

2.0 Foto di dekat sekumpulan kancil dan kijang

Perjalanan menuju Bama Beach membutuhkan waktu 1 jam dari Bekol, tapi perjalanan tidak akan tersa lama karena kanan kiri kita di suguhi pemandangan yang indah. Di Bama Beach terdapat toilet, Masjid, Kantin dan Cotage atau wisma untuk menginap. Katanya SunRise dari BamaBeach ini keren, sayangnya saya tidak ada waktu untuk menunggu sang SunRise kali ini. Banyak sekali kawanan monyet di kawasan ini, jika disini berhati-hati dengan barang bawal’an anda juga makanan yang anda bawa karena monyet disini agak jail.


2.1  Mbak Idel lagi asyik mainan ayunan :D

Sayang sekali saya tidak bisa menabadikan keindahan pantai Bama karena memori kamera saya sudah penuh dengan foto” di Kawah Ijen dan foto” tadi. Padahal pemandangan di pantai sangatlah bagus. Kita juga menyusuri pantai Bama sampai ke ujung”nya. Puas memandangi indah satwa liar dan alam Baluran, saatnya kita mengisi perut dan kembali ke kota Banyuwangi utntuk persiapan pulang besok. Sebenarnya dari Baluran kita masih keliling kota Banyuwangi, memandangi pelabuhan Ketapang, melihat watu dodol dan patung Gandrung yang merupakan icon Banyuwangi. Next cerita ya sekian.

1 komentar:

  1. mau tanya akses angkotnya kalo dari stasiun KA banyuwangibaru atau karangasem lebih dekat mana ?

    BalasHapus